Jumat, 16 September 2016


Setelah Aksara Lisan Tupai Jenjang dan Tulisan Incung, kini giliran dua budaya Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh yang ditetapkan masuk dalam warisan budaya Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Dua kebudayaan Kerinci itu yakni, Tale Naik Haji dan Upacara Ritual Tari Asyek Negeri. Keduanya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kemendikbud setelah dilakukannya sidang penetapan WBTB dari tanggal 13 hingga 16 September 2016, di Hotel Millenium Jakarta.
Kepala Taman Budaya Jambi, Dr Ema, dikonfirmasi metrosakti.com Jumat (16/9) malam ini membenarkan hal itu. Dikatakannya, penetapan WBTB ini dilakukan oleh Kemedikbud RI melalui Diretorak Warisan Budaya Dirjen Kebudayaan.
Untuk Jambi, kata dia, penetapan dilakukan pada Kamis (15/9) malam di Jakarta, setelah dirinya melakukan persentase di hadapan pihak Kemendikbud.
"Alhamdulillah, dari Jambi sebanyak 6 budaya ditetapkan masuk WBTB, yakni Tale Naik Haji dan Upacara Ritual Tari Asyek dari Kerinci dan Sungaipenuh, kemudian Betauh, Tari Kain Kromong, Musik Kromong dan Musik Kalinong," ujarnya.
"Sejak 2013 lalu sebanyak 18 budaya Jambi sudah terdaftar dalam WBTB Indonesia. Kita mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud dan semua elemen di Jambi yang telah mendukung kita dalam mengusulkan dan memperjuangkan ini," sebutnya.
Harapannya, setelah ini semua budaya yang telah masuk dlaam WBTB untuk dapat dipromosikan, dimanfaatkan, dijaga dan dilestarikan oleh warga Jambi.
Sementara itu, Nukman, S.S., M.Si, warga Kerinci yang juga aktif dalam bidang kebudayaan ini juga mengatakan hal yang sama.
"Kita sangat berterima kasih kepada semua pihak terkait ditetapkannya Tale Naik Haji dan Upacara Asyeik ini sebagai WBTB, mari kita promosikan dan kita lestarikan bersama," ujar salah satu tokoh yang mengusulkan kedua budaya ini sebagai WBTB. 
"Kedepannya budaya Kerinci dan Sungaipenuh yang sudah terdaftar di WBTB bisa diusulkan ke Unesco sebagai warisan budaya dunia," bebernya.
Sumber : http://googleweblight.com/?lite_url=http://metrosakti.com/berita/detail/2763/mantap-2-budaya-kerinci-dan-sungaipenuh-ini-ditetapkan-sebagai-warisan-budaya-indonesia/&lc=id-ID&s=1&m=158&host=www.google.co.id&ts=1474135577&sig=AKOVD66wm45E-6zCnoCl-fHus4rrTs_usQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar