Sabtu, 06 Februari 2016

Profil Rumah Byonic Kerinci






Pemandangan Gunung Kerinci

Kabupaten Kerinci dikenal juga dengan Kota Sakti sebagai Kabupaten yang memiliki Panorama yang Terindah di Provinsi Jambi yang keindahannya menjadi terkenal dengan keberadaan Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera, Air Terjun Telun Berasap dan Danau Gunung Tujuh di kaki Gunung Kerinci. Keberadaan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan paru-paru dunia, dimana hidup bermacam flora dan fauna yang berguna untuk penelitian, Danau Kerinci, Danau Lingkat dan masih banyak danau, air terjun nya nan indah serta sejumlah peninggalan bersejarah serta banyaknya objek menjadi keindahan Kerinci semakin menarik.
Logo Pemerintahan Kabupaten Kerinci


Letak wilayah Kabupaten Kerinci secara geografis adalah diantara 01°41’ sampai 02°26’ lintang selatan dan 101°08’ sampai 101°40’ bujur timur dengan ibu kota Sungai Penuh yang berjarak 418 km dari Kota Jambi, dengan batas-batas sebagai berikut : 

      Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat
      Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Merangin.
      Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bungo dan Kabupaten Merangin.
      Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Muko – Muko Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Untuk mencapai Kabupaten Kerinci dapat dengan melalui beberapa jalur utama yaitu :
1.      Padang - Muara Labuh - Sungai Penuh (+/- 249 Km)
2.      Padang - Painan – Tapan – Sungai Penuh (+/- 277 Km)
3.      Jambi – Bangko – Sungai Penuh (+/- 465 Km)



Danau Kaco nan biru

Sebagai suatu wilayah Kabupaten Kerinci terbentang di atas wilayah seluas 420.000 Ha dan merupakan kabupaten terkecil kedua diantara kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi. Dari wilayah Kerinci keseluruhan, 52 % merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, hanya sekitar 48 % yang merupakan kawasan budidaya.

Lahan-lahan pertanian dan perkebunan menghasilkan beraneka ragam produk seperti, Sayu-sayuran, Palawija Buah-buahan (Alpukat, Pisang, Manggis, Durian, Jeruk, dll). Pertanian pada sawah merupakan hamparan yang paling luas memberi keindahan alam yang mempesona disaat musim panen tiba. Selain itu produk perkebunan seperti Kayu Manis (Cassiavera), Kopi dan Teh. Kondisi pertanian dan perkebunan ini merupakan obyek agrowisata yang menarik khas dataran tinggi Kerinci.


Danau Kerinci indah dipandang


Sebagian dari daerah Kerinci merupakan daerah berhutan lebat yang alami. Didalamnya masih tersimpan kekayaan flora dan fauna yang menarik dan terlindung dengan baik. Beberapa diantaranya adalah binatang langka dan dan jenis tumbuhan endemic khas Kerinci, sehingga kawasan hutan Kerinci ditetapkan menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Hutan yang alami serta flora dan fauna yang terlindungi merupakan atraksi objek Ekowisata yang mengagumkan.

Kerinci dengan rentang sejarahnya yang panjang mewarisi benda-benda sejarah seperti Batu Menhir, Keramik, Tanduk Bertulis Aksara Incum, Mesjid kuno dan Rumah Adat. Tari Asyeik, Tari Tahu, Tari Iyo-iyo, Tari Rangguk, Tari Mahligai Kaco, Tari mandi di Taman, PencakSilat, Tale dan Tradisi kumun (dongeng) atau Karya sastra lainnya turut mewarnai kekayaan seni dan budaya masyarakat Kerinci.

Danau Gunung Tujuh kala sang surya menyinari

Kerajinan khas Kerinsi turut pula memeriahkan khasanah seni dan budaya, seperti anyaman rotan, pandan, bambu, bigau dalam bentuk perhiasan dan perlengkapan rumah tangga dengan spesifik gaya lokal Kerinci. Kerajinan lainnya seperti Gerabah, Bordir, Batik Kerinci (motif aksara incung) pandai besi, ukiran kayu, cendra mata kulit kayu manis dan kayu pacat (kayu endemik spesifik daerah Kerinci) dibuat dalam bentuk hiasan rumah tangga dan tongkat.



Peta administrasi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh


Tidak lupa di dalam Kabupten Kerinci juga terdapat sebuah kota. Mari kita simak :

Kota Sungai Penuh adalah salah satu kota di Provinsi Jambi, Indonesia. Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci dan pengesahannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 8 Oktober 2009.





Logo Pemerintahan Kota Sungai Penuh


Kota Sungaipenuh memiliki luas keseluruhan 39.150 ha, 59,2 % merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, sedangkan sekitar 40,8% baru merupakan daerah efektif perkotaan.
Curah hujan harian rata-rata kota ini dalam satu tahun sekitar 49,4 - 169,2 mm/tahun, sementara suhu harian rata-rata dalam satu tahun antara 17,2 °C – 29,3 °C dengan kelembaban udara berada pada 39 % rata-rata dalam per tahun dan kecepatan angin rata-rata dalam satu tahun sekitar 13 m/detik.





Kota Sungai Penuh pada malam hari



Mesjid Kuno Mesjid Agung Pondok Tinggi



Wilayah kota ini memiliki topografi berbukit-bukit, berada pada kawasan Bukit Barisan dan hutan tropis dengan ketingian 100 - 1000 m di atas permukaan laut, dengan luas kemiringan lahan antara 0 – 20% sekitar 6.300 ha, luas daratan bergelombang dengan kemiringan antara 5 – 150% sekitar 1.295 ha, luas daratan curam bergelombang dengan kemiringan antara 16 – 400% sekitar 4.345 ha, dan luas daratan sangat curam yang bergelombang dengan kemiringan antara lebih 400% sekitar 1.295 ha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar